BREAKING NEWS

Bisnis

Aplikasi

Dunia Sharing

Jumat, 26 Juni 2015

Cara cepat dan mudah menghafal al quran

Motivasi cara cepat dan mudah menghafal al quranMenghafal al quran merupakan kegiatan yang mulia, dan sangat mudah. tapi kebanyakan orang merasa sulit dalam menghafal al quran al karim. Kebanyakan orang sudah terjatuh dalam perkataan 'susah', yang sebetulnya sangatlah mudah. Ya! 'susah' lah yang justru membuat mereka mundur untuk menghafal quran. Faktanya bahwa menghafal quran itu mudah. begitulah yang dikatakan imam madinah Syeikh Ali Saleh Muhammad Ali Jaber, atau yang lebih akrab dengan panggilan Syeikh Ali Jaber.

Berikut akan diuraikan tentang pondasi, motivasi, cara cepat dan mudah menghafal al quran:

- Pondasi menghafal al quran:
Pondasi ibarat tiang. Tanpa pondasi yang kuat, amalan seorang mu'min tidak akan berkah. Bukan hanya menghafal quran, tapi setiap amal. Berikut pondasinya:

1. Ikhlas. Niat yang ikhlas menghafal al quran karena Allah akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan yang tidak ikhlas. Bahkan dijelaskan pada suatu riwayat, seorang qori/penghafal quran yang menghafal al quran supaya disebut alim dan qori termasuk yang diseret ke neraka pertama kali.

2. Doa dan Tawakal. Banyak banyaklah berdoa supaya dijadikan penghafal al quran oleh Allah. Jangan lupa tawakal, menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. karena tanpa tawakal, doa sulit dikabulkan oleh Allah.

3. Ikhtiar. Tentu saja kita tidak duduk diam meminta kepada Allah. Harus ada kerja nyata. Maka hanya ikhtiar yang membaja lah yang membuat menghafal al quran terasa mudah

- Motivasi menghafal al quran:
Motivasi tidak kalah penting. mungkin sebagian orang akan lebih mudah jika orang yang mencintainya memberi semangat, atau mungkin hadiah. Berikut macam macam motivasi:

1. Motivasi internal. adalah motivasi yang terbentuk dari diri sendiri. Bagaimana supaya diri termotivasi untuk menghafal al quran? yaitu dengan membaca hadis-hadis nabi tentang keutamaan penghafal quran.

2. Motivasi eksternal. adalah motivasi yang datang dari orang lain. Seperti bimbingan orang tua, salam semangat dari sanak saudara dan teman teman.

- Cara cepat dan mudah menghafal al quran:
Cara adalah bagaimana cara kita menyelesaikan suatu kegiatan. tentu saja setiap orang beda beda dalam menghafal quran. Berikut cara mudah menghafal quran:

1. Cintailah al quran. Al quran adalah 'surat cinta' dari Allah tuhan semesta alam.
Bagaimana rasanya ketika seorang kekasih yang kita cintai, jauh di sebrang sana sudah bertahun tahun tak kunjung datang, tiba tiba
memberi kita surat cinta. Pasti kita akan betul betul memahami isi dari surat tersebut, pasti kita akan menangis karna begitu rindunya, pasti kita akan melakukan apa yang diinginkan dan menjauhi apa yang dilarang. Sedangkan Al quran, surat cinta dari Allah? Masya Allah. Dosa apa yang diperbuat manusia sampai tidak bisa menangis ketika membaca surat cinta dari Allah?!.

2. Pahamilah al quran. Ketika berbicara tentang neraka, cobalah untuk berpura pura nangis karna tekut. Ketika berbicara tentang surga, biarkanlah hati ini bergetar karna rindunya dengan surga.
tidak perlu mendalami bahasa arab, cukup membaca artinya saja. Dengan memahaminya justru akan lebih mudah hafal, insyaallah

3. Mengamalkan al quran. Seperti yang dikatakan Syekh Ali Jaber, bagian inilah yang tersulit. Walaupun sejatinya mudah. Sangat mudah, jika kita mau mengamalkannya

4. Sering mendengar murottal. Dengan sering mendengar, menghafal akan lebih mudah karna sudah terbiasa mendengar. tidak sedikit orang non muslim yang hafal lafadz adzan karna sekitarnya banyak masjid.

5. Sering dibaca. Tidak sedikit muslim yang hafal surat al fatihah karna sering dibaca dan di dengar. Begitupun surat yang lainnya. Jika sering dibaca, pasti ada hasilnya.

6. Istiqomah. Sedikit tapi kontinu lebih baik daripada banyak tapi sekali. Lebih baik menghafal 1 hari 1 halaman daripada 1 hari 1 juz tapi libur sebulan.

7. Anggaplah mudah. Jika kita yakin sulit, akan sulit. Jika kita yakin cepat, akan cepat.
Maka cobalah untuk berpikir positif. Jika anda berpikir positif, anda akan beruntung.

Insyaallah, dengan menerapkan pondasi, motivasi dan cara menghafal quran diatas, akan lebih cepat dan mudah kita menghafal quran

Penulis: Azhar MF

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 gbubjl